Personal Blog Online Berbagi Info Tips dan Trik, Wisata, Bola News, Kesehatan, Teknologi, Belajar Ngeblog,etc

Thursday, March 28, 2013

Condisi Tag | Tampilan Template tidak sama Tiap Halaman

Condisi Tag | Tampilan Template tidak sama Tiap Halaman

Minggu lalu seorang sahabat memberi ingatan saya tentang conditional tag, so tak ada salahnya sekalian  saya catat disini supaya seluruh kawan-kawan bisa mengerti lebih tentang HTML / beragam conditional tag dalam template situs atau blogger. Sebelum mempelajari conditional tag mari kita sepakati dulu bahwa seluruh bagian dalam sesuatu halaman situs atau blog terdiri kumpulan gadget/widget terhitung halaman artikel, sidebar, header, footer dan lain Selayaknya. Conditional Tag atau tag situasional ialah tag yang dipakai untuk mengatur suatu gadget/widget atau suatu elemen spesifik untuk dinampakkan atau tidak dinampakkan dalam halaman spesifik. contoh; pada halaman utama kita ingin membuat tampil sidebar tetapi pada waktu itu pengunjung membongkar halaman demi halaman artikel maka sidebar tersebut tidak dinampakkan. Nah, untuk mengatur sidebar tersebut tampil dan tidak tampil maka dipakailah Conditional Tag.


Apa Itu Conditional Tag


Conditional Tag ialah suatu tag yang terdapat pada template situs atau blogger. Dinamakan Conditional Tag gara-gara mempunyai fungsi untuk mengsituasikan suatu elemen / widget tampil di halaman spesifik, sehingga dengan wujudnya situs atau blogger Conditional Tag akan bikin sesuatu template situs atau blogspot bisa menjadi lebih flexibel.


Bebera Fungsi Tag situasional (situasi) :


Umumnya Syntax situasi ialah Selayak selanjutnya :


<b:if cond=’[situasi]‘> … </b:if>


senantiasa diawali dengan tag <b:if> dan di tutup dengan tag </b:if>. lantas tag <b:if diikuti dengan atribut cond. Atribut cond diartikan Selayak condition atau situasi yang dipakai Selayak subjek suatu situasi, dan [situasi] ialah atribut objek atau yang memberi penjelasan maksud situasi/condition.


Contoh2 situasional Tag | Costum Halaman situs atau blog


 Conditional Tag Halaman Index


<b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;index&quot;’> … </b:if>


Contidional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi halaman situs atau blog dengan halaman index. Halaman index didalamnya terhitung halaman depan (homepage), halaman label/kategori dan halaman Bendel. Jika kita baca maka conditional tag diatas kurang lebih berbunyi “jika situasi ‘halaman situs atau blog sama juga dengan index’ maka kode yang ada diantara conditional tag akan dinampakkan”.

Conditional Tag Halaman Artikel (item)


<b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;item&quot;’> … </b:if>


Contidional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi halaman situs atau blog dengan halaman item. Halaman item (item page)ialah halaman artikel per artikel dan bukan jumlah semua kumpulan artikel. Jika kita baca maka conditional tag diatas kurang lebih berbunyi “jika situasi ‘halaman situs atau blog sama juga dengan halaman artikel (item)’ maka kode yang ada diantara conditional tag akan dinampakkan”. umumnya halaman artikel (item) memakai URL yang terkandung hurup bulan, tahun, dan judul artikel diantaranya, contoh; http://namasitus atau blog.situs atau blogspot.com/2010/09/judul_artikel.html.

Conditional Tag Halaman Statis (static)


<b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;static_page&quot;’> … </b:if>


Contidional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi halaman situs atau blog dengan halaman statis. Halaman statis (static page) ialah halaman lain artikel atau halaman yang berdiri sendiri dan isinya tidak melakukan pengambilan database artikel. Jika kita baca maka conditional tag diatas kurang lebih berbunyi “jika situasi ‘halaman situs atau blog sama juga dengan halaman statis’ maka kode yang ada diantara conditional tag akan dinampakkan”. umumnya halaman statis memakai URL yang terkandung hurup “p” diantaranya, contoh; http://situs atau bloggilabuanget.situs atau blogspot.com/p/halaman_statis.html.

Conditional Tag Halaman Bendel (archive)


<b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;archive&quot;’> … </b:if>


Contidional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi halaman situs atau blog dengan halaman Bendel. Halaman Bendel (archive page) ialah halaman yang membuat tampil sekumpulan artikel yang diambil database situs atau blog. Jika kita baca maka conditional tag diatas kurang lebih berbunyi “jika situasi ‘halaman situs atau blog sama juga dengan halaman Bendel‘ maka kode yang ada diantara conditional tag akan dinampakkan”. umumnya halaman Bendel memakai URL yang terkandung bulan dan tahun diantaranya, contoh; http://namasitus atau blog.situs atau blogspot.com/2010_01_01_archive.html.

Conditional Tag Halaman Depan (Homepage)


<b:if cond=’data:situs atau blog.url == data:situs atau blog.homepageUrl’> … </b:if>atau :<b:if cond=’data:situs atau blog.homepageUrl == data:situs atau blog.url’> … </b:if>


Contidional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi halaman situs atau blog dengan URL halaman depan. Jika kita baca maka conditional tag diatas kurang lebih berbunyi “jika situasi ‘halaman situs atau blog sama juga dengan URL halaman depan’ maka kode yang ada diantara conditional tag akan dinampakkan”. umumnya halaman depan ialah halaman utama situs atau blog kita dan URL yang dipakai ialah URL utama situs atau blog kita, contoh; http://namasitus atau blog.situs atau blogspot.com/.

Conditional Tag Halaman URL spesifik


<b:if cond=’data:situs atau blog.url == “[URL]“‘> … </b:if>


Contidional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi URL halaman situs atau blog. Jika kita baca maka conditional tag diatas kurang lebih berbunyi “jika situasi ‘URL halaman situs atau blog sama juga dengan URL halaman situs atau blog (yang kita maksud atau kita masukan dalam [URL]‘ maka kode yang ada diantara conditional tag akan dinampakkan”. Conditional tag ini dipakai jika kita ingin mengatur suatu gadget/widget atau elemen yang cuma akan dinampakkan atau tidak dinampakkan pada halaman yang lebih spesifik (artikel spesifik). contoh; kita akan membuat tampil banner iklan di-sidebar cuma pada halaman situs atau blogroll (kumpulan link kawan). Maka pemakaian conditional tag-nya layaknya di bawah ini:<b:if cond=’data:situs atau blog.url == “http://namasitus atau blog.situs atau blogspot.com/2010/09/situs atau blogroll.html”‘> [disini kode gadget atau elemen yang akan dinampakkan] </b:if>

Conditional Tag Halaman 404 Not Found


<b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;error_page&quot;’> … </b:if>


Conditional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi URL 404 Not Found atau tidak tersedianya suatu halaman. Contidional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi URL halaman situs atau blog. Jika kita baca maka conditional tag diatas kurang lebih berbunyi “jika situasi ‘URL halaman situs atau blog tidak tersedia (error_page), maka kode yang ada diantara conditional tag akan dinampakkan”. Conditional tag ini umumnya dipakai waktu menjaga kebolehjadian halaman yang dihapus namun tetap terindex mesin pencari. pada waktu itu pengunjung membongkar halaman tersebut maka pengumuman ketidaktersediaan halaman (404 Not Found) akan dinampakkan. umumnya halaman ini disertai dengan link yang menuju ke halaman utama, halaman Bendel atau about.


Conditional Tag Meta Description


<b:if cond=’data:situs atau blog.metaDescription != &quot;&quot;’> … </b:if>


Conditional tag ini sesungguhnya tidak tampak pada broswer tapi amat berguna bersamaan pergantian kebijakan mesin pencari yang menghapuskan meta keyword. Conditional tag ini dipakai untuk melihat lagi/membandingkan situasi data situs atau blog, jika deskripsi meta situs atau blog tidak kosong (bermakna mempunyai meta description) maka yang ada diantara tag akan dinampakkan.


memakai Tag | Template  tidak sama Tiap Halaman

Lanjut ? belum Ngantuk kan? Tahan dulu deh. kita udah nyampai k5ksnya nih :D . Biar asyik coba ambil segelas kopi biar hangat…


…Mungkin anda heran, mengapa tampilan situs atau blog ini tidak sama setiap halamannya. Coba perhatikan halaman Tukar link, Home, dan halaman Kategori. Pada bagian home dinampakkan sidebar lalu pada bagian halaman tidak dinampakkan. Nah selanjutnya ialah Rahasia tersebut, Kita Akan memakai Tag situasi diatas untuk costum template atau membuat tampil bentuk template tidak sama setiap halamannya. Dengan ini kita akan bisa berbuat untuk tidak menampakkan Selayakan sidebar / widget pada halaman spesifik yang kita inginkan. selanjutnya pemakaianya:


-. pemakaian Conditional Tag Satu Gadget atau Elemen


<b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;item&quot;’>Gadget atau Elemen [akan dinampakkan jika bernilai benar (true)]</b:if>


 Gadget atau Elemen yang terletak diantara conditional tag akan dinampakkan jika hasil pengecekan/kesetaraan dalam atribut cond (ialah ‘data:situs atau blog.pageType == “item”‘) ialah benar (true). Atau lebih spesifiknya; jika halaman situs atau blog yang sedang kita lihat/tampil pada alamat browser ialah URL suatu item (contoh; http://namasitus atau blog.situs atau blogspot.com/2010/09/artikelku.html) maka Gadget atau Elemen yang ada diantara tag situasional akan dinampakkan jika tidak maka Gadget atau Elemen tak akan dinampakkan.

- pemakaian Conditional Tag Dua Gadget atau Elemen


<b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;item&quot;’>Gadget atau Elemen [akan dinampakkan jika bernilai benar (true)]<b:else/>Gadget atau Elemen [akan dinampakkan jika bernilai salah (false)]</b:if>


Ini lebih rumit lagi… Hmmmm tarik napas dulu sembari putar kepala eh… otak…contoh; saya mempunyai 2 buah “laptop” yang terdiri 2 merk, “merk A” dan “merk B”, suatu hari saya diberi pesanan editing gambar yang mewajibkan saya memakai Software “digital imaging” yang cuma terdapat pada laptop merk B, maka saya pun memakai laptop merk B dalam membuat pesanan editing gambar tersebut. Jika saya catatkan maka kodenya menjadi layaknya di bawah ini:


<b:if cond=’Laptop == &quot;Digital Imaging&quot;’>Merk A<b:else/>Merk B</b:if>


 Laptop merk A tidak dipakai gara-gara terbukti hasil kesetaraan cond tidak amat mungkin memakai laptop merk A (tak ada Software digital imaging) atau hasil pengecekan/kesetaraan nilainya salah (false). Laptop merk B dipakai gara-gara hasil kesetaraan/pengecekan cond bernilai salah (false). (sesungguhnya contoh ini tidak seperti itu menimpa sasaran tapi bingung memberikan contoh, ada ide?)fungsi tag <b:else/> dipakai Selayak alternative jika terbukti hasil kesetaraan/pengecekan bernilai salah (false) dan kita ingin membuat tampil suatu gadget atau elemen jika hasilnya bernilai salah (false). Tetapi jika terbukti hasil kesetaraan bernilai benar (true) maka gadget atau elemen sesudah tag <b:else> tak akan ditampikan.

- pemakaian Conditional Tag Lebih Satu situasi dan Lebih Satu Gadget ataT Elemen


<b:if cond=’data:situs atau blog.url == data:situs atau blog.homepageUrl’><b:if cond=’data:situs atau blog.pageType == &quot;item&quot;’>Gadget atau Elemen [akan dinampakkan jika bernilai benar (true)]<b:else/>Gadget atau Elemen [akan dinampakkan jika bernilai salah (false)]</b:if></b:if>


mengerti pengurus bidang Conditional Tag

pengurus bidang conditional tag ialah alat spesial untuk membandingkan 2 buah nilai. pengurus bidang conditional tag terdiri 2 type ialah:

pengurus bidangsama juga dengan


==


atau dalam bhs script-nya dibaca “is equal to”

Contoh Perkara 1


Seseorang memberikan teka-teki untuk menebak isi telur dalam sesuatu kotak, jika saya memberikan jawaban benar maka saya diberi uang Rp. 10.000,- jika saya memberikan jawaban salah saya tidak diberi uang. namun didalam kotak itu terdapat 10 telur, lantas saya memberikan jawaban 10 telur. Maka conditional tag dicatat Selayak selanjutnya:<b:if cond=’10 telur == 10 telur’> Saya diberi uang Rp. 10.000,- </b:if>Jawabannya : maka saya diberi uang Rp. 10.000,-


Contoh Perkara 2


Seseorang memberikan teka-teki untuk menebak isi telur dalam sesuatu kotak, jika saya memberikan jawaban benar maka saya diberi uang Rp. 10.000,- jika saya memberikan jawaban salah maka saya harus membayar Rp. 10.000,- . namun didalam kotak itu terdapat 10 telur, lantas saya memberikan jawaban 5 telur. Maka conditional tag dicatat Selayak selanjutnya:<b:if cond=’10 telur == 10 telur’> Saya diberi uang Rp. 10.000,- <b:else/> Saya membayar Rp. 10.000,- </b:if>Jawabannya : maka saya membayar Rp. 10.000,-


pengurus bidang “tidak sama juga dengan


!=


atau dalam bhs script-nya dibaca “is not equal to”

Ini ialah pengurus bidang kebalikan “sama juga dengan” dan layaknyanya tidak harus dijelaskan lagi. (Atau mau ikut memberi penjelasan? Silahkan tinggalkan pada kotak saran)


Ka5t Akhir | Conditional Tag

Selesai Belajar Conditional tag…berekspresi dan berpusing-pusing ria, jangan lupa siapkan peralatan untuk berfikir (camilan, kopi dan obat sakit kepala). Selamat Belajar, Salam situs atau blogger :)


nah itulah kawan Condisi Tag | Tampilan Template tidak sama Tiap Halaman yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:54 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment