Personal Blog Online Berbagi Info Tips dan Trik, Wisata, Bola News, Kesehatan, Teknologi, Belajar Ngeblog,etc

Thursday, March 28, 2013

Meta Description | Deskripsi Penelusuran situs atau blogger

Meta Description | Deskripsi Penelusuran situs atau blogger

Meta Description atau deskripsi penelusuran sering sekali terlupakan atau bahkan tidak mendapat perhatian para pemakai situs atau blogger. Seakan menganggap meta description Selayak sesuatu hal yang biasa saja tanpa pengaruh yang besar. Meta description ialah bagian vital situs atau blog yang berisi info tentang situs atau blog dan artikel-artikel yang dicatat. Meta description tak akan dinampakkan browser namun diperlukan machine-readable metadata untuk mengurai isi situs.


Tanpa Deskripsi penelusuran, maka situs atau blog akan amat sukar dirayapi dan jangan mengharapkan bahwa situs atau blog akan cepat terindex mesin pencari google.  tidak dapat dipungkiri bahwa situs lain akan membuat tampil situs situs atau blog kita pada dengan melakukan pengambilan infonya meta description penelurusan tsb.


Meta Deskripsi Selayak Alat Penelusuran


Beberapa waktu yang lalu, Mesin pencari google memberi pengumuman pergantian kebijakan mesin pencari dalam merayapi suatu situs, maka untuk itu, situs atau blogger menambah sarana meta description penelusuran agar para pemakai situs atau blogger tidak tersisihkan dimata mesin pencari. Bahkan sarana ini dibuat supaya keluar pada waktu itu Google belum melontarkan kebijakan eliminasi meta keyword index mesin pencarinya. selanjutnya ialah kutipan Matt Cutts (senior engineer di mesin pencari Google) bahwa “kami mengindahkan dan tidak lagi memakai meta keyword untuk mengindex suatu situs namun kami memakai meta description untuk merayapi suatu situs” .


Perihal ini menjadi pembenaran bahwa mereka (mesin pencari google) tidak perlu dan tidak menganggap eksistensi meta keyword namun mereka amat memperdulikan meta description. Dalam video Tersebut Matt Cutts menyebutkan “jangan habiskan waktu anda untuk menghimpun beragam keyword gara-gara kami telah mengindahkan meta keyword, sekarang konsentrasi-lah untuk bikin meta description yang menarik bagi pengunjung”.


bikin / Memasang Meta Description Atau deskripsi penelusuran


Meta description / Deskripsi Penelusuran umumnya harus dimasukan manual atau mungkin sesungguhnya sudah tersedia namun terkadang-kadang tidak paham maksudnya.

Pasang Dan aktifkan meta description.


1.Login ke situs atau blogger

2.Masuk ke Setelan – Preferensi Penelusuran – Tag Meta


3.Klik “Edit” pilih “Ya” pada “Aktifkan deskripsi penelusuran?”


Ketentuan deskripsi penelusuran: Isi meta description dengan karakter maksimum 150 karakter. sesudah di isi klik tombol “Simpan pergantian“.


Meta description ini akan dipakai cuma pada halaman utama (halaman index atau halaman beranda) namun untuk masing-masing artikel, kita harus menuliskannya lagi.


Integrasi Meta Description Penelusuran


Lalu apakah meta description telah terintegrasi pada situs atau blog kita? untuk membenarkannya lakukan pengujian pada dua tempat selanjutnya:



  • Pada Editor (Entri Artikel)


-Buat sesuatu artikel-Perhatikan pada sidebar editor, harus sudah bertambah satu widget “Deskripsi Penelusuran”

Lihat dan Pilihhlah “Deskripsi Penelusuran” dan masukan deskripsi artikel pada kotak di bawahnya, sesudah itu klik tombol “Selesai”.

Ingattt !!! : Deskripsi Penelusuran ini akan mengganti deskripsi global, dan deskripsi ini akan dipakai mesin pencari untuk mengurai isi artikel anda. Meta Description ibarat ringkasan artikel yang anda catat, Karenanya, buatlah deskripsi yang menarik. Deskripsi artikel tak akan dinampakkan pada browser namun akan diambil mesin pencari (machine-readable metadata) dan situs lain (contoh Facebook dan Google Plus).


-Masuk ke “Template – Edit HTML – Lanjutkan”-Scroll hingga di temukan kode di bawah ini:


<meta expr:content=’data:situs atau blog.metaDescription’ name=’description’/>


Tidak ditemukan ? bermakna situs atau blog anda belum memakai meta description walau sudah diaktifkan, ikuti langkah penyisipan kode selanjutnyanya.

Jika template belum bikin terapan meta description, cari kode di bawah ini:


<b:include data=’situs atau blog‘ name=’all-head-content’/>


Masukan (copy paste) kode di bawah ini tepat di bawahnya


<b:if cond=’data:situs atau blog.metaDescription != &quot;&quot;’> <meta expr:content=’data:situs atau blog.metaDescription’ name=’description’/> </b:if>


Apa bila Anda belum mengerti tentang Tag Contional. Coba buka Kembali Condisi Tag | Tampilan Template tidak sama.lakukan test Meta Deskripsi Penelusuran


Untuk lakukan test Meta Tag deskripsi Gunakanlah gabungan tombol keyboard CTRL + U (pemakai Firefox dan Chrome) atau klik kanan pada ruang artikel dan pilih “View source” (pemakai Safari) untuk melihat source code situs atau blog anda, dan perhatikan meta deskripsi yang baru saja anda buat. Atau gunakan kata kunci “name=’description’” memakai pencarian browser. Jika sudah tampil layaknya apa yang anda catatkan pada artikel bermakna meta description pada situs atau blog anda sudah aktif, lakukan berbagi pada Facebook atau Google Plus, maka yang akan dinampakkan ialah meta description, bukan penggalan artikel.Selayak Penutup Tutorial Meta Description

Dengan Penambahan meta description bermakna menambah list pekerjaan anda pastinya, gara-gara artikel-artikel yg terlebih dahulu mungkin tidak disertai meta description. Ini bermakna sekarang anda harus memasangnya kembali. Ini pasti sungguh amat melelahkan, bahkan jika artikel sudah menggapai beberapa ribu halaman? Namun itulah sesuatu konsekwensi sesuatu kebijakan.

Google mempunyai kebijakan maka situs atau blogger mau tidak mau kita harus ikuti , terlepas dari jika kita tidak hiraukan dengan seluruh pergantian itu. Apakah meta description ialah salah satu tehnik SEO? .


Semantic Web ialah pendekatan situs kepada mesin pencari, dan meta description ialah bagian semantic web. Jadi, SEO atau bukan tidaklah menjadi tujuan, tetap menulis untuk konten paling baik itu ialah tambah baik pada menulis untuk sesuatu yang …*. _Salam situs atau blogger !!!


nah itulah kawan Meta Description | Deskripsi Penelusuran situs atau blogger yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:54 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment