Personal Blog Online Berbagi Info Tips dan Trik, Wisata, Bola News, Kesehatan, Teknologi, Belajar Ngeblog,etc

Tuesday, April 2, 2013

Teluk Cendrawasih

Susanto Wisata – Katalog Obyek Wisata Indonesia


Teluk Cendrawasih


Apa bila Anda sudah bosan tempat wisata di pulau Jawa, Bali, Sumatra, dan Lombok, cobalah beranjangsana Papua, propinsi di pulau ujung timur Indonesia yang dulunya mempunyai nama Irian Jaya. Di Papua, anda bisa mencari jalan sensasi luar biasa pesona alam di Taman Nasional Teluk Cendrawasih yg lazim dikenal Teluk Cendrawasih saja.


Teluk Cendrawasih menjadi wakil ekosistem pantai, rimba mangrove, terumbu karang, dan rimba tropika di pulau Papua/Irian Jaya. Teluk Cendrawasih sendiri ialah taman nasional terluas di Indonesia sistem daratan dan pesisir pantai 0,9%, pulau-pulau 3,8%, terumbu karang 5,5%, dan lautan 89,8%.


Taman Nasional Teluk Cendrawasih menaruh 150 type species 15 famili yang menyebar di tepian pulau-pulau besar dan kecil. Ekosistem terumbu karang dibagi menjapada dua zona ialah zona rataan terumbu (reef flat) dan zona lereng terumbu (reef slope). Di Teluk Cendrawasih ini anda bisa melihat beragam macam karang layaknya karang hitam (Antiphates sp.), koloni karang biru (Heliopora coerulea), famili Faviidae dan Pectiniidae, dan beragam macam karang lunak.


Hiu Paus (Whale Shark) di Teluk Cendrawasih. photo : kryztof odziomek


Tidak kalah Wakatobi dan Raja Ampat, Taman Nasional Teluk Cendrawasih mempunyai beragam type ikan. Tidak kurang 209 type ikan menempati kawasan Teluk Cendrawasih, diantaranya ialah damselfish, butterflyfish, parrotfish, angelfish, rabbitfish, dan anemonefish. Ada juga Hiu raksasa yg jinak gara-gara tidak memangsa manusia. Hiu type ini namanya Hiu Paus (whale shark), panjangnya bisa menggapai 14 meters namun makannya cuma ikan teri dan gerakannya lambat.


Di Samping Famili pisces, ada juga type moluska layaknya keong strombidae (Lambis spp.), keong cowries (Cypraea spp.), triton terompet (Charonia tritonis), keong kerucut (Conus spp.), dan kima raksasa (Tridacna gigas).


Apa bila Anda bernasib baik, beragam type kura-kura atau penyu bisa ditemukan atau bahkan photo berenang penyu. Penyu yang sering mendarat di daratan taman nasional ini ialah penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea).


Dan ikan yang sebesar ukuran raksasa di Teluk Cendrawasih, anda bisa melihat paus biru (Balaenoptera musculus), Duyung (Dugong dugon), ketam kelapa (Birgus latro), lumba-lumba, dan hiu. Mereka sering menunjukkan diri di perairan Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Ikan-ikan raksasa ini tidak melakukan migrasi layaknya paus di Australia atau samudra Atlantik sehingga setiap waktu bisa anda temui.


Tempat Wisata menarik yang lain


Di Samping pesona beragam type ikan di Teluk Cendrawasih, ada goa alam yang ialah peninggalan zaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, gua dalam air kedalaman 30 meters di Tanjung Mangguar. sebanyak peninggalan abad 18 tetap bisa anda jumpai di beberapa tempat layaknya di Wendesi, Wasior, dan Yomber.


Beberapa pulau yang saying untuk dilewatkan ialah:



  • Pulau Rumberpon, untuk pengamatan burung, penangkaran rusa, wisata bahari, menyelam dan snorkeling, dan kerangka pesawat tempur jaman penjajahan Jepang yang jatuh di laut.

  • Pulau Nusrowi, bagus untuk menyelam dan snorkeling, wisata bahari, dan pengamatan satwa.

  • Pulau Mioswaar, terdapat sumber air panas, air terjun, menyelam dan snorkeling, pengamatan satwa dan wisata budaya.

  • Pulau Yoop dan perairan Windesi, untuk pengamatan ikan paus dan ikan lumba-lumba.

  • Pulau Roon, untuk pengamatan satwa burung, menyelam dan snorkeling, air terjun, wisata budaya.


Untuk dapat nikmati beragam keindahan ala mini, waktu beranjangsana paling baik ialah waktu musim kemarau antara Mei hingga Oktober setiap tahunnya. Anda harus mendapat izin terlebih dahulu pengelola atau pemerintah wilayah setempat.


Transportasi menuju Teluk Cendrawasih


Berhubung tempat Teluk Cendrawasih berada di ujung timur Indonesia, bagi anda yang tinggal di Indonesia bagian barat bisa menjadi penentu beberapa alternatinf Selayak selanjutnya:


Pesawat terbang: Jakarta, Surabaya, Denpasar, Ujung Pandang/Makasar, Jayapura, naik pesawat tujuan Biak, dilanjutkan ke Manokwari atau Nabire.


Kapal Laut: Jakarta, Surabaya, Ujung Pandang/Makasar, dan Jayapura naik kapal laut ke Manokwari atau Nabire.


Manokwari ke tempat Taman Nasional (Pulau Rumberpon) naik longboat sekitar 5,5 jam ekspedisi.


Bisa juga Manokwari menuju kota kecamatan Ransiki memakai mobil sekitar 3 jam perjalan dan dilanjutkan motorboat sekitar 2,5 jam.


Akomodasi di Teluk Cendrawasih


Kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) belum tersedia hotel maupun penginapan. Umumnya pengelola pemandu wisata penyelaman (dive pengurus bidang) memberi pelayanan tinggal diatas kapal atau live-aboard selama 4-10 hari. live-aboard, seluruh keperluan harian sudah disiapkan, layaknya tempat tidur, makanan, air tawar, peralatan dan pemandu diving. pakait penyelaman layaknya ini memang lebih mahal pada pakait umum tetapi kelebihannya ialah anda bisa beranjangsana dan lakukan test perinci pulau-pulau kecil yang tersebar di Taman Nasional Teluk Cendrawasih.


Ada pilihan lain Apa bila Anda punya niat bermalam, ialah bermalam di pondok wisata BTNTC di Distrik Rumberpon pastinya menghubunginya terlebih dahulu . Pilihan yang lain ialah anda tinggal di Tempat Tinggal-Tempat Tinggal penduduk menyewanya.


Kalau penasaran resort yang ada, bisa mencari jalan Ahe Resort yang dikelola orang asing. pakait yang di tawarkan seharga 1120 USD sudah terhitung transfer, pemandu, dan makan. Banyak penyelam professional dan petualang bermalam di Ahe Resort. Selegnkapnya bisa dipandang di situs www[.]ahediveresort[.]com.


Pengelola Taman Nasional Teluk Cendrawasih


Untuk keperluan perijinan dan komunikasi untuk bertualang ke Teluk Cendrawasih, anda bisa menghubungi alamat selanjutnya:


Kantor Taman Nasional Teluk Cendrawasih


Jalan Trikora Wosi Rendani, Kotak Pos 229


Manokwari 98312, Papua Barat


Telp. (0986) 212212;


Fax. (0986) 212437


E-mail : btntc@manokwari.wasantara.net.id


Posting terkait Teluk Cendrawasih


Seaworld Indonesia


Indonesia ialah negara kepulauan lebih 17.504 pulau tersebar Sabang di Sumatra hingga Merauke di Papua. Rentang garis pantai terbujur sepanjang 81.290 km dan …


Kepulauan Derawan


Derawan ialah satu diantara sekian banyak pulau di Kalieks. Di sekitar pulau Derawan juga terdapat pulau-pulau kecil hingga memproduksi gugusan kepulauan Derawan. gara-gara pesona lautnya …


Pulau Seraya, Wisata Eksotik di Pulau Angker


Tempat wisata di Propinsi Nusa Tenggara Timur bukan sekedar Senggigi yang populer . Senggigi populer sekalian pulaunya, Lombok. Namun terbukti ada tempat wisata lain yang …


Pulau Moyo


Indonesia mempunyai kepulauan yang eksotik dan menjadi wisata andalan. Salah satunya Sumbawa, di sana terdapat pulau-pulau indah layaknya Pulau Moyo, Pulau Medang, Pulau Panjang, Pulau …


Pulau Kakaban


Pulau Kakaban terhitung pulau favorit wisatawan di kawasan kepulauan Derawan. Pulau ini amat unik dan eksotis. Bagaimana tidak? Perhatikan saja photo udara. sesuatu pulau …


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Teluk Cendrawasih bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:07 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment