Personal Blog Online Berbagi Info Tips dan Trik, Wisata, Bola News, Kesehatan, Teknologi, Belajar Ngeblog,etc

Friday, January 25, 2013

STATISTIK BERBICARA: Kontribusi Para Topskor Di Musim 2012/13

darenball.com | STATISTIK BERBICARA: Kontribusi Para Topskor Di Musim 2012/13

1f633  212579hp2 gambar berita bola darenball.com



1f633  190364 specials gambar berita bola darenball.comOLEH  SANDY MARIATNA     1f633  178001 gambar berita bola darenball.comIkuti @fasandym di twitter




Mereka menyebutnya ‘one man show’ bagi sebuah olahraga yang mengutamakan kerjasama tim. Akan tetapi, seorang pencetak gol terbanyak dalam klub sepakbola akan dipuja-puja karena kontribusinya yang tampak begitu besar.


Bahkan dengan catatannya, seorang top scorer bisa mengesampingkan kontribusi rekan-rekan setimnya. Kolom Statistik Berbicara akan menyajikan fakta-fakta seputar para perobek jala lawan yang mampu memberikan kontribusi besar bagi timnya.


Sepuluh Besar Para Topskor Sementara Di Liga-Liga Eropa


  PEMAIN

 TIM

GOL

 GOLKLUB

KONTRIBUSI: Gol/Gol Klub

POSISI  LIGA

  Zlatan Ibrahimovic

 Paris Saint-Germain

  19

  36

    52,7%

  1

  Radamel Falcao

 Atletico Madrid

  18

  40

    45%

  2

  Lionel Messi

 Barcelona

  29

  65

    44,6%

  1

  Luis Suarez

 Liverpool

  16

  36

    44,4%

  7

  Antonio Di Natale

 Udinese

  14

  32

    43,7%

  10

  Edinson Cavani

 Napoli

  17

  41

    41,4%

  2

  Stephan El Shaarawy

 AC Milan

  14

  36

    38,8%

  6

  Cristiano Ronaldo

 Real Madrid

  18

  48

    37,5%

  3

  Stefan Kiessling

 Bayer Leverkusen

  13

  36

    36,1%

  2

  Robin Van Persie

 Manchester United

  18

  54

    33,3%

  1


Dalam tabel di atas, angka-angka pada kolom ‘kontribusi’ memang bukan tentang seberapa besar seorang pemain berkontribusi menjadi game-changer, alias sebagai penentu kemenangan, yang membuat sebuah klub sangat bergantun padanya.


Namun, angka-angka kontribusi di atas didapatkan dari jumlah gol yang dicetak seorang pemain dibandingkan dengan keseluruhan jumlah gol yang dicetak timnya.


Poin kontribusi tertinggi menurut rumus itu diraih oleh Zlatan Ibrahimovic. Ibra mampu mem-back-up lebih dari separuh gol (52,7 persen) yang dimiliki PSG. Apa jadinya jika klub kaya Prancis itu tak jadi beli Ibrakadabra pada musim panas lalu?


Pemain lain seperti Robin Van Persie mungkin nilai kontribusinya bisa lebih dari 33 persen karena kerap menjadi penentu kemenangan Setan Merah. Van Persie bahkan mencetak 10 gol dalam 10 penampilan terakhirnya di Liga Primer Inggris.


Kontribusi Van Persie yang lain adalah assist yang mencapai 6. Jika assist itu digabungkan dengan golnya, RvP mencatatkan angka 24. Angka ini disusul Luis Suarez yang mencatatkan 19 (gol plus assist).


Opta mencatat, jumlah tembakan yang dilepaskan El Pistolero di EPL musim ini mencapai 126, hampir menyamai jumlah 128 milikinya sepanjang musim lalu. Bukti bahwa kontribusi kedua pemain ini sangat besar bagi klubnya untuk terus bersaing di EPL.


Lionel Messi? Ia bahkan mampu mencetak gol dalam 10 pertandingan La Liga Spanyol secara berurutan. La Pulga rutin menyarangkan bola dimulai dengan golnya ke gawang Real Mallorca (jornada 11) hingga Real Sociedad (jornada 20).


Sementara duo bomber asal Madrid, Radamel Falcao dan Cristiano Ronaldo juga tak boleh diremehkan. Keduanya sama-sama telah mencetak 18 gol di La Liga. Mereka tentu akan bersaing merebut runner-up el pichichi di bawah Messi yang tampaknya sulit terkejar.


Di Italia, efek Stephan El Shaarawy dalam kebangkitan AC Milan tentu sangat terasa. Bahkan, Milan dianggap telah terlalu mengeksploitasi pemain berusia 20 tahun ini. Di Serie A, ia telah tampil sebanyak 21 kali. Artinya, ia selalu main di setiap pekannya.


Sayang, kontribusi gol El Sha dalam lima partai terakhir Serie A hanya satu gol, yakni saat menang melawan Pescara (16/12). Massimiliano Allegri sudah sepatutnya mengistirahatkan El Shaarawy. Il Faraone telah menghabiskan 1754 menit bermain di musim ini, menit terbanyak dari seluruh pemain Rossoneri.


Jangan lupakan Antonio Di Natale yang memiliki rasio gol yang tinggi. Dari 30 shot on goal yang dimiliki bomber Udinese ini, konversinya mencapai angka 47 persen. Bahkan, statistik lima striker yang dimiliki sang pemuncak klasemen Juventus, jika digabungkan hanya memiliki rasio konversi gol tak lebih dari separuh Di Natale.


Peran para ujung tombak di klub tentu sangat vital bagi progres tiap klub, apalagi jika ia berstatus sebagai pencetak gol terbanyak. Setiap gol, assist, tembakan, dan umpan yang ia lakukan akan membawa dampak di kemudian hari. Tapi berhati-hatilah, efek adiktif alias ketergantungkan yang kemungkinan besar akan melanda klub tersebut jika si topskor ini absen.


GOAL.com hadir via ponsel di alamat m.goal.com.Unduh juga aplikasi GOAL.com secara langsung untuk OS ponsel Anda:


Semoga Artikel tentang STATISTIK BERBICARA: Kontribusi Para Topskor Di Musim 2012/13 Bermanfaat bagi Anda

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:51 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment